icon

Butuh Informasi?

0254-220158

Email Kami

fkip@binabangsa.ac.id

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

DEKAN

Tugas Pokok dan Wewenang Dekan

  1. Dekan memiliki tugas pokok :
  2. Memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan   pengabdian    kepada masyarakat;
  3. Mengembangkan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan;
  4. Membina mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan intra;
  5. Melakukan kerjasama dan mempererat hubungan dengan
  6. Dekan memiliki kewenangan:
  7. Menyusun Visi dan Misi Fakultas sebagai penjabaran dari Visi dan Misi Universitas;
  8. Menyusun Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) tingkat Fakultas untuk diusulkan kepada Rektor;
  9. Mengkoordinir dalam Menyusun dan menyiapkan dokumen kurikulum implementatif berdasarkan Stadard Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti) pada semua program studi di lingkup Fakultas.
  10. Menegakkan kode etik dosen dan etika akademik serta kode etik mahasiswa dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas;
  11. Melaksanakan penjaminan mutu;
  12. Membentuk unit-unit kajian yang bersifat non-struktural sesuai dengan bidang ilmu masing-masing;
  13. Menyampaikan usulan penetapan kelulusan mahasiswa sesuai dengan hasil sidang penetapan predikat kelulusan yang dilaksanakan pada Program Studi kepada Rektor;
  14. Mengusulkan penghargaan kepada Rektor bagi pihak-pihak yang dianggap berjasa terhadap Fakultas/Universitas;
  15. Mengusulkan sanksi bagi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas yang dianggap melanggar aturan dan/atau kode etik yang berlaku kepada Rektor;
  16. Mengusulkan kenaikan Jabatan Akademik dosen kepada
  17. Mengusulkan kenaikan pangkat dosen tetap dan tenaga kependidikan kepada Rektor;
  18. Melaksanakan urusan administrasi dan anggaran;
  19. Menjalin dan mengembangkan hubungan kerjasama baik dengan pemerintah, dunia usaha, dunia industri, alumni, maupun masyarakat pada umumnya dengan persetujuan Rektor;
  20. Menyampaikan laporan tahunan baik akademik maupun non akademik serta laporan akhir masa jabatan kepada

 

WAKIL DEKAN

  1. Wakil Dekan terdiri atas Wakil Dekan I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakar (P2M) dan Wakil Dekan II Bidang Umum, RT, Anggaran, SDM dan Sarpras;
  2. Wakil Dekan bertanggung jawab kepada Dekan;

 

Tugas Pokok dan Wewenang

  1. Wakil Dekan I, memiliki tugas pokok membantu Dekan dalam pelaksanaan pengelolaan kegiatan pendidikan akademis, kemahasiswaan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (P2M);
  2. Untuk menjalankan tugas pokoknya Wakil Dekan I memiliki kewenangan:
  3. Membantu dalam perumusan kebijakan strategis di bidang pendidikan, kemahasiswaa, penelitian, pengabdian kepada masyarakat (P2M) di tingkat Fakultas;
  4. Menyusun dan mengoordinasikan perencanaan program, dan penganggaran di bidang pendidikan, kemahasiswaan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat (P2M), dengan memperhatikan masukan Ketua Program Studi, dan Kepala Laboratorium/ bengkel/ Studio;
  5. Mengendalikan standar kualitas di bidang pembelajaran, kemahasiswaan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat (P2M);
  6. Mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan, kemahasiswaan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat (P2M);
  7. Menyusun laporan tahunan kegiatan pendidikan, kemahasiswaan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat (P2M), dalam rangka pertanggungjawaban Wakil Dekan kepada Dekan;
  8. Membantu dalam perumusan program dan kegiatan di bidang kemahasiswaan, kerjasama, dan hubungan alumni;
  9. Melaksanakan program  kerja   dan   anggaran   di   bidang   kemahasiswaan, kerjasama, dan hubungan alumni;
  10. Melaksanakan pencapaian standar kualitas di bidang kemahasiwaan, kerjasama dan hubungan alumni;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan

 

  1. Wakil Dekan II memiliki tugas membantu Dekan dalam pelaksanaan pengelolaan kegiatan Umum, Rumah Tangga, Anggaran, SDM, Sarpras dan kelembagaan;
  2. Untuk menjalankan tugas pokoknya Wakil Dekan II memiliki kewenangan:
  3. Membantu dalam perumusan kebijakan strategis di bidang umum, Anggaran, RT, SDM, Sarpras dan tatakelola;
  4. Menyusun laporan dalam rangka pertanggungjawaban Wakil Dekan tahunan kegiatan di bidang umum, Anggaran, RT, SDM, sarpras dan tata kelaloa sumbedaya di tingkat Fakultas kepada Dekan;
  5. Memberikan pertimbangan penilaian kinerja Kepala Tata Usaha;
  6. Melaksanakan kewenangan lain yang diberikan oleh

 

PPROGRAM STUDI

TUGAS POKOK DAN KEWENANGAN

  1. Program Studi dipimpin oleh Kepala Program Studi;
  2. Kepala Program Studi memiliki tugas pokok merencanakan, melaksanakan mengembangkan, mengendalikan, dan mengevaluasi mutu pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk mencapai kompetensi lulusan yang diharapkan;
  3. Kepala Program Studi memiliki kewenangan :
  4. Menyusun dan menyiapkan dokumen kurikulum Program studi implementatif berdasarkan Stadard Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti).
  5. Menganalisa kurikulum dan silabus secara periodik setiap semester dan tahuan akademik untuk melihat capain pembelajaran (CPL) berdasarkan SNDikti dan perkembangan dunia usaha, teknologi dan seni.
  6. Menyusun rencana, program, dan anggaran di tingkat Program Studi;
  7. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan,      penelitian dan   pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kurikulum;
  8. Menjamin mutu pendidikan dalam rangka terwujudnya Program Studi yang unggul dan bereputasi;
  9. Melaksanakan evaluasi dan monitoring pelaksanaan pembelajaran untuk menjamin dihasilkannya lulusan unggul dan studi tepat waktu;
  10. Melaporkan penyelenggaraan pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat kepada Dekan melalui Wakil Dekan I.

 

Sekretaris Program Studi

  1. Kepala Program Studi dibantu seorang Sekretaris Program Studi;
  2. Sekretaris Program Studi memiliki tugas membantu dan mendukung pelaksanaan tugas Ketua Program Studi dalam merencanakan, melaksanakan mengembangkan, mengendalikan, dan mengevaluasi mutu pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk mencapai kompetensi lulusan yang diharapkan;
  3. Sekretaris Program Studi memiliki kewenangan:
  4. Membantu Menyusun dan menyiapkan dokumen kurikulum Program Studi implementatif berdasarkan Stadard Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti).
  5. Membantu kepala Program Studi menganalisa kurikulum dan silabus secara periodik setiap semester dan tahuan akademik untuk melihat capain pembelajaran (CPL) berdasarkan SNDikti dan perkembangan dunia usaha, teknologi dan seni.
  6. Membantu Kepala Program Studi dalam menyusun rencana, program, dan anggaran di tingkat Program Studi;
  7. Membantu Kepala Program Studi dalam menyelenggarakan dan mengembangkan pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kurikulum;
  8. Membantu Kepala Program Studi dalam menjamin mutu pendidikan dalam rangka terwujudnya Program Studi yang unggul dan bereputasi;
  9. Membantu Kepala Program Studi dalam melaksanakan evaluasi dan monitoring pelaksanaan pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk menjamin dihasilkannya lulusan unggul dan studi tepat waktu;
  10. Membantu Kepala Program Studi dalam melaksanakan kegiatan penalaran, riset, kompetisi, minat bakat dan pengabdian kepada masyarakat Mahasiswa yang sesuai dengan kompetensi utama Program Studi yang berorientasi pada peningkatan prestasi, dan keunggulan program studi.

 

Gugus Penjaminan Mutu Fakultas

 

  1. Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Fakultas diketuai oleh Wakil Dekan I dengan anggota Koordinator GPM merangkat Sekretaris, Anggota Team GPM, Kepala Program Studi dan Sekretaris Program Studi;
  2. GGPM Fakultas bertugas membantu Dekan dalam:
  3. Mengawal proses penetapan dan pemenuhan standar dan sasaran mutu pengelolaan fakultas secara konsisten dan berkelanjutan;
  4. Melakukan monitoring setiap saat terhadap seluruh aktifitas penyelenggaraan akademik dan non akademik;
  5. Melakukan evaluasi secara periodik terhadap pelaksanaan seluruh aktifitas penyelenggaraan akademik dan non akademik;
  6. Membuat laporan dan rekomendasi tindakan korektif secara periodik kepada Dekan;
  7. Melakukan verifikasi terhadap laporan evaluasi diri yang dibuat setiap tahun oleh Program Studi.
  8. Ketua dan Koordinator merangkat Sekretaris GPM Fakultas ditetapkan oleh

 

Unit Penjaminan Mutu Program Studi

 

  1. Unit Penjaminan Mutu (UPM) diketuai oleh Kepala Program Studi dan Sekretaris oleh Sekretaris Program Studi, Koordinator UPM di tunjuk dari salah seorang Dosen tetap sesuai dengan bidang keilmuanya di tambah anggota UPM sesuai dengan kebutuhan;
  2. UPM bertugas membantu Dekan dan Kepala Program Studi dalam:
  3. Mengawal proses penetapan dan pemenuhan standar dan sasaran mutu pengelolaan program studi secara konsisten dan berkelanjutan;
  4. Melakukan monitoring setiap saat terhadap seluruh aktifitas penyelenggaraan akademik dan non akademik;
  5. Melakukan evaluasi secara periodik terhadap pelaksanaan seluruh aktifitas penyelenggaraan akademik dan non akademik;
  6. Membuat laporan dan rekomendasi tindakan korektif secara periodik kepada Kepala Program Studi;
  7. Melakukan verifikasi terhadap laporan evaluasi diri yang dibuat setiap tahun oleh Program Studi.
  8. Ketua, Sekretaris dan Koordinator UPM ditetapkan oleh Rektor, atas usul Dekan.

 

Laboratorium, Studio dan Bengkel

  1. Laboratorium, Studio dan Bengkel dipimpin oleh Kepala Laboratorium, Studio dan Bengkel yang merupakan seorang tenaga dosen atau fungsional yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan bidang keilmuan Program Studi;
  2. Kepala Laboratorium, Studio dan Bengkel memiliki tugas melakukan kegiatan dalam cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni, sebagai penunjang pelaksanaan tugas Fakultas;
  3. Kepala Laboratorium, Studio dan Bengkel memiliki fungsi:
  4. Mengembangkan keterampilan mahasiswa dan kegiatan penelitian;
  5. Perencanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  6. Pengelolaan dan pengembangan fasilitas     dan    sumber     daya    dalam penyelenggaraan kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat;
  7. Menyelenggarakan pelaksanaan praktikum sesuai dengan bidang
  8. Kepala Laboratorium, Studio dan Bengkel ditetapkan oleh Rektor berdasarkan usulan dari Dekan.

 

Tata Usaha Fakultas

  1. Tata Usaha merupakan unit pelayanan administrasi di lingkungan Fakultas, yang bertugas mendukung pelaksanaan tugas Dekan dalam penyelenggaraan pelayanan teknis dan administratif;
  2. Tata Usaha Fakultas dipimpin Kepala Tata Usaha;
  3. Kepala Tata Usaha memiliki tugas dan fungsi mendukung Pimpinan Fakultas dalam merumuskan dan melaksanakan urusan dan layanan akademik, dan non akademik;
  4. Kepala Tata Usaha bertanggung jawab kepada