icon

Butuh Informasi?

0254-220158

Email Kami

fkip@binabangsa.ac.id

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kolaboratif UNIBA dan UNTIRTA

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kolaboratif UNIBA dan UNTIRTA

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kolaboratif UNIBA dan UNTIRTA

23 Juni 2022 – Program Studi Pendidikan Matematika UNIBA dan UNTIRTA melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kolaboratif berupa Pelatihan Pengembangan Instrumen Penilaian yang Mendukung Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi Guru dan Calon Guru Matematika di Kota Serang.

 

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kolaboratif merupakan perwujudan kerjasama antara Program Studi Pendidikan Matematika UNIBA dan Jurusan Pendidikan Matematika UNTIRTA. Kegiatan ini disambut baik oleh peserta dengan dihadiri 30 guru yang tergabung dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Kota Serang dan 80 calon guru yang terdiri dari mahasiswa Pendidikan Matematika UNIBA dan UNTIRTA. Adapun pelaksanaanya bertempat di Gedung A Lantai 3 Universitas Bina Bangsa.

 

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kolaboratif ini dilaksanakan atas dasar adanya pemberlakuan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang diselenggarakan pemerintah setiap tahunnya dengan fokus pada kemampuan literasi dan numerasi peserta dididk. Hasil penelitian PISA yang sebagaimana yang dijelaskan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bahwa sekitar 70% peserta didik usia 15 tahun berada di bawah kompetensi minimum membaca dan matematika. Berdasarkan hal tersebut maka pelatihan diadakan dengan harapan bahwa guru dan calon guru mampu merancang instrumen pembelajaran yang mengarah pada peningkatan aspek-aspek literasi dan numerasi.

 

Kegiatan pelatihan pengembangan instrumen diawali dengan kegiatan pretest dilanjutkan dengan pemaparan materi Literasi Numerasi dari Program Studi Pendidikan Matematika UNIBA serta pemaparan materi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dari Jurusan Pendidikan Matematika UNTIRTA. Selanjutnya, kegiatan postest dilakukan untuk melihat tingkat pemahaman peserta setelah pemberian materi. Di akhir kegiatan dilaksanakan pendampingan dalam mengembangkan soal-soal literasi dan numerasi yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh guru dan calon guru dalam asesmen tingkat nasional.